6 Media Sosial Populer yang Kini Meredup




Kalau membicarakan soal social media, hal pertama yang terlintas di pikiran mungkin Facebook. Atau mungkin kita akan langsung terpikir Twitter, Path, Instagram, atau Periscope. Tapi tahukah bahwa ada sejumlah social media yang dulu sangat populer sebelum Facebook tercipta.

Di sekitar tahun 90an hingga awal 2000an, ada setidaknya lima social media besar yang sangat menyita perhatian para pengguna internet.Inovasi tak dimungkiri telah menjadi bagian dari media sosial. Dari masa ke masa, pengguna internet selalu dihadapkan dengan media sosial yang berbeda dan menawarkan kemampuan lebih beragam.

Namun, sama seperti di lini bisnis lain, tak seluruh media sosial dapat selalu bertahan. Ada beragam alasan sebuah media sosial ditinggalkan pengguna, mulai dari ada platform lain yang lebih baik atau sekadar bosan.
Berikut ini ada lima social media yang dibuat sebelum Facebook. Ada yang masih bertahan tapi ada juga yang sudah meredup dan menghilang.

1. Friendster

Sebelum Facebook muncul, Friendster merupakan media sosial yang paling hits. Hanya dalam waktu tiga bulan sejak kemunculannya, sudah ada tiga juta pengguna aktif per bulannya. Didirikan oleh Jonathan Abrams, Friendster sempat akan dibeli oleh Google dengan harga 30 juta dolar. 

Namun, Jonathan memilih untuk mengambil investasi modal ventura dan berusaha untuk mengembangkan perusahaannya sendiri. Namun, kedigdayaan media sosial ini tak berlangsung lama. Facebook yang ketika itu tengah merangkak naik, dengan cepat menarik hati para pengguna internet di seluruh dunia.

Akibatnya, media sosial ini terbebani masalah teknis sehingga pada 2006 penggunanya turun drastis di Amerika Serikat. Sempat terseok, Friendster yang dibantu pengguna di wilayah Asia Tenggara didesain ulang sekitar 2009. Namun, pada 2011, media sosial ini mulai kehilangan pamor dan semakin ditinggal pengguna. Pada tahun yang sama, media sosial ini berubah dan meluncur kembali sebagai situs bermain game.

2. Myspace

Para pecinta musik pasti cukup familiar dengan media sosial ini. Myspace ini didirikan tahun 2003 oleh Tom Anderson dan Chris DeWolf bersama rekan-rekannya.

Saat berada di puncak popularitas, laporan mencatat, pengunjung Myspace dapat mencapai 75,9 juta orang dalam sebulan. Namun, kondisi itu juga tak bertahan lama dan pengguna MySpace pun berangsung terus berkurang.

Pada 2011, kepemilikan MySpace beralih ke Viant. Ketika itu, Viant membeli platform yang diciptakan oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson ini dengan nilai US$ 35 juta atau sekitar Rp 471 miliar.
Setelah itu, pada Februari 2016, Time Inc secara resmi mengumumkan akuisisi Viant. Dengan adanya akuisisi tersebut, Time Inc telah menggabungkan data, analisis, dan iklan pelanggannya dengan data yang dimiliki Viant.

3. Foursquare

Foursquare sempat begitu populer di kalangan pengguna internet Indonesia sekitar 2009. Melalui platform ini, pengguna dapat berbagai lokasi dengan orang lain. Layanan ini sempat menjadi media efektif untuk suatu tempat, baik itu restoran, kafe, ataupun toko.

Meski masih bertahan sampai sekarang, pengguna Foursquare dikabarkan terus menurun. Pertengahan 2014, Foursquare sempat merilis platform baru dan terpisah dari layanannya, yakni Swarm.
Namun, akhir tahun lalu sempat tersiar kabar bahwa nilai valuasi perusahaan sempat turun karena ditinggal oleh CEO-nya, Dennis Crowley, yang memilih menjabat sebagai Executive Chairman.

Pengganti Crowley, Jeff Glueck, pun membantah kabar tersebut. Akan tetapi, ia tak menampik perusahaan memang tak terlalu menonjol selama periode 2009 atau 2010.

4. Plurk

Plurk merupakan media sosial berbasis microblogging yang mulai meraup kepopuleran di Indonesia sekitar 2009. Adapun platform ini menawarkan layanan mirip Twitter dengan memberi kesempatan penggunanya untuk menuliskan status yang dikenal sebagai plurk dengan panjang maksimum 140 karakter.

Pengguna di Indonesia yang terus tumbuh membuat Plurk terus mengembangkan sayapnya. Pada 2013, Plurk akhirnya merilis akun Plurk Indonesia sebagai akun resmi yang hadir untuk pengguna di Tanah Air.
Kendati demikian, pengguna Plurk sendiri sudah tak sebanyak saat masih digandrungi pengguna internet Tanah Air. Saat ini, Plurk sendiri masih digunakan secara terbatas dan belum benar-benar ditinggal penggunanya.

5. Koprol

Berbeda dari media sosial lain, Koprol merupakan jejaring sosial buatan dalam negeri. Media sosial ini memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol dan menghubungkannya dengan pengguna lain yang berada di tempat sama.

Sempat begitu populer, media sosial yang dikembangkan oleh Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto ini pun sempat menarik perusahaan teknologi asing. Tahun 2010, Yahoo menyatakan resmi mengakuisisi Koprol.com. 

Namun, tak disangka, perkembangan Koprol dianggap tak sesuai dengan rencana Yahoo. Pada Agustus 2012, Yahoo pun memutuskan untuk menyetop layanan Koprol dan memecat sejumlah karyawan. Setelah itu, kabar mengenai Koprol pun tak lagi dikembangkan.

6. mIRC 

Tahukah kapan mIRC ini dibuat pertama kali? Media sosial yang satu ini dibuat sejak tahun 1995. Wah, lama sekali ya. Media ini memang menyenangkan untuk bisa mencari teman sekaligus berkenalan dengan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia.
Share on Google Plus

About BiruSeru

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment